Menurunkan berat badan, tetapi hanya melakukan olahraga berbasis cardio? Baca ini dulu!


“mau menurunkan berat badan? Perbanyak cardio!” Seringkali hal tersebut terdengar Ketika kamu sedang mencoba untuk menghilangkan lemak-lemak nakal di sekitar tubuh. Tidak jarang, treadmill dan sepeda statis menjadi sahabat kamu Ketika berolahraga di Gymnasium. Memang benar, Cardio adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan, Robinson dkk dari The Mayo Clinic menjelaskan dalam penelitiannya tentang cardio bahwa “Olahraga berbasis Cardio bertujuan untuk memperkuat fungsi jantung, dan melancarkan metabolisme”. Tetapi, apakah kamu hanya melakukan cardio untuk menurunkan berat badan? Perhatikan hal-hal berikut ini:

Kamu perlu melatih otot yang lain juga

Melakukan olahraga berbasis cardio hanya melatih otot-otot tertentu, untuk memaksimalkan program penurunan berat badan kamu, kamu harus melatih otot-otot lain di seluruh tubuh. Dengan kata lain, kamu juga harus memasukkan tipe-tipe olahraga lain dalam daftar workout mu! Pilihlah olahraga yang melatih otot-otot seluruh badan seperti kelas Bootcamp, TRX atau Muscle Strength di Higar Gymnasium boleh jadi pilihan kamu lho! 

Jangan terlalu sering

Semua yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga olahraga berbasis cardio. Ketika melakukan cardio, tubuh akan berada dalam fase kalori defisit. Dalam fase ini, tubuh biasanya membakar otot sebagai energi yang pada akhirnya akan menghilangkan massa otot kamu. Ketika massa otot kamu hilang, kamu akan mengurangi kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Jika kamu adalah orang yang tidak bisa melewatkan hari tanpa olahraga, pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat untuk menghindari hal ini, Yoga, Pilates atau Barre di Higar Gymnasium bisa jadi pilihan tepat kamu! 

Iming-iming membakar sekian kalori jika melakukan cardio

Siapa yang masih percaya dengan teori Kalori masuk dan Kalori keluar? Olah kalori dalam tubuh itu lebih kompleks dari apa yang kamu fikirkan loh! Setiap orang akan membakar kalori berbeda-beda pada fase tertentu. A bisa melakukan Lari di threadmill selama 15 menit dan membakar 500 kalori, sedangkan B memerlukan waktu 20 menit untuk membakar 500 kalori. Ini semuanya tergantung dari metabolisme tubuh, anabolisme hingga hormon liptolik. Jadi jangan melakukan cardio hanya karena melihat iming-iming yang dijanjikan! Gunakan jasa personal trainer jika ingin mencapai penurunan berat badan yang maksimal, Pak Chymenk dan Kak Egi siap membantu kalian di Higar Gymnasium!



 

Setelah membaca hal-hal di atas, bagaimana menurut kamu? Apakah dari ketiga hal tersebut pernah kalian lakukan? Jika iya, segera bergegas untuk mengganti mindset kalian dan ganti routine olahraga kalian agar bisa memaksimalkan penurunan berat badan kalian! Ingat pola makan dan istirahat kalian juga sangat berpengaruh dalam penurunan berat badan ya, See you around at Higar Gymnasium!


Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Kel Banta-Bantaeng, Kec Rappocini,
JL. Andi Djemma No. 130

  • Monday – Friday 08.00 – 21.00
  • Saturday 08.00 – 19.00
  • Sunday Close
  • 0411-833313 / 0813 5116 2778
  • higargymnasium@gmail.com
  • beauty.higar@gmail.com
© Copyright 2020